Lomba Gerakan Sayang Ibu

Banda Aceh- Bertempat di Mesjid Gampong Tibang Kecamatan Syiah Kuala Wakil Walikota Banda Aceh Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE Kamis (13/10) membuka acara lomba penilaian gampong/desa Gerakan Sayang Ibu. Illiza dalam sambutannya mengatakan gampong Tibang yang letaknya di pesisir pantai saat ini telah bangkit dari keterpurukan. ”Saya menaruh apresiasi yang tinggi kepada masyarakat gampong Tibang khususnya pak Geuchik yang telah berupaya untuk bangkit dan sekarang Alhamdulillah kondisi masyarakatnya menjadi lebih baik.

Acara yang turut dihadiri Kadis Kesehatan Kota, ibu-ibu PKK gampong dan beberapa kepala SKPD di jajaran Pemko lebih lanjut Illiza mengatakan “Gerakan Sayang Ibu (GSI) merupakan suatu gerakan yang dilaksanakan dalam upaya membantu salah satu program pemerintah untuk peningkatan kualitas hidup perempuan melalui berbagai kegiatan yang berdampak terhadap upaya penurunan angka kematian ibu (AKI) karena hamil, melahirkan dan nifas,”.

Pada saat yang sama juga tim penilai dari Provinsi juga sedang menilai 2 (dua) gampong lainnya yaitu di Gampong Ie Masen dan Gampong Peuniti. “semoga gampong kita dapat meraih nilai baik sehingga memperoleh predikat juara dan kepada tim penilai semoga dapat menilai gampong secara professional dan proporsional, harap Illiza.

Sebelumnya tim Penilai dari Provinsi dalam sambutannya mengatakan Program Gerakan Sayang Ibu yang berskala Nasional ini juga dilakukan serentak di beberapa daerah lain, bertujuan untuk memberikan stimulan untuk memperhatikan gizi keluarga terutama pada ibu hamil, dan ibu menyusui. Metode yang digunakan pada program ini adalah meningkatkan kefahaman pada keluarga dengan pendampingan dan penyuluhan, pembentukan komunitas (kelompok masyarakat).

sumber : http://www.bandaacehkota.go.id/