Putra Aceh Wakili Indonesia di MTQ Internasional di Turki

Putra Aceh, Hajarul Akbar Alhafizh SH.I, MA dipercayakan oleh Kementerian Agama untuk mewakili Indonesia pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional yang digelar di Istanbul, Turki 19-26 Mei 2017.

Keikutsertaan Hajarul Akbar berda­sarkan surat keputusan (SK) yang dike­luarkan Dirjen Bimas Islam Kemenag RI. Selain Hajarul, peserta lainnya dari Indonesia adalah M.Riqon dari Kalimantan Selatan (cabang tilawah).

Hajarul yang merupakan alumnus Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Pagar Air, Aceh Besar tampil pada cabang Hafizh 30 juz. Ia akan bersaing dengan para Huffazh (penghafal) Alquran dari berbagai negara Islam.

Bagi Hajarul Akbar, tampil di MTQ bukan sesuatu yang asing, karena sudah ham­pir seluruh Indonesia ia kunjungi ber­kaitan dengan MTQ, baik sebagai peserta, pelatih maupun hakim.

Sebelum malang-melintang pada MTQ nasional dan internasional, Hajarul meng­awali sebagai peserta MTQ Provinsi Aceh tahun 2003 di Aceh Singkil, 2005 di Kota Langsa, 2007 di Bireuen, 2009 di Take­ngon, 2011 di Aceh Tamiang, dan 2013 di Subulussalam.

“Semua MTQ Provinsi Aceh saya ikuti bersama Kafilah Kabupaten Pidie. Se­men­tara tingkat nasional saya sudah tampil sebanyak tujuh kali dan dua kali mendapat juara. Sedangkan tingkat internasional, ini untuk kedua kali mengikuti MTQ setelah tahun 2016 di Jordania dengan meraih pe­ringkat 7. Mudah-mudahan tahun ini di Turki, saya bisa prestasi yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengharapkan doa dari seluruh masyarakat Aceh khususnya dan Indonesia umumnya, agar bisa tampil lebih maksimal dan mampu meraih peringkat memuaskan.

Hajarul Akbar lahir 29 tahun lalu di Gampong Lhang, Kecamatan Sigli, Kabu­paten Pidie. Ia pulang ke Aceh setahun lalu setelah 11 tahun di Pulau Jawa guna me­nyelesaikan pendidikan S-1 dan S-2 dida­hului masuk Pesantren Darul Quran Mulia Serpong, Banten.

Saat ini, selain mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Ar-Raniry Banda Aceh sebagai dosen luar biasa, ia juga merintis pendidikan dayah Tahfizh Alquran di Samahani, Aceh Besar dengan nama Darul Quran Aceh (DQA). Analisa