Pemko Banda Aceh Awali Safari Ramadan di Masjid Al-Makmur

Pemerintah Kota Banda Aceh memulai safari Ramadan di Masjid Agung Al-Makmur, Lampriet, Senin (29/5/2017) malam. Tim Safari ini dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin.

Pada kesempatan itu, Pemko Banda Aceh menyerahkan bantuan kemakmuran masjid sebesar Rp 20 juta yang diserahkan langsung oleh Zainal Arifin dan diterima oleh Wakil Ketua Pengurus Masjid Al-Makmur Abu Bakar Usman. Penyerahan ini disaksikan langsung oleh ribuan jamaah yang memadati masjid agung tersebut setelah pelaksanaan salat Isya.

Setelah penyerahan bantuan tersebut, Tgk H A Karim Syech memberikan tausiah singkat sebelum pelaksaan salat Tarawih dan Witir. Dalam kesempatan ini ia menyampaikan bagi orang berpuasa diwajibkan untuk mengetahui syarat dan rukun, serta apa-apa saja yang dapat membatalkan pelaksanaan ibadah puasa.

“Asshiyam menurut bahasa adalah menahan diri. Menurut istilah adalah menahan diri daripada makan, minum, dan jimak, serta segala hal yang bisa membatalkan puasa dari semenjak fajar hingga matahari terbenam,” ujar A Karim Syech yang juga menjabat sebagai ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Banda Aceh.

A Karim Syech mengapresiasi pelaksaan puasa tahun ini dilaksanakan secara serentak antara dua ormas besar Islam Indonesia yaitu Nahdhatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah yang biasanya selalu berbeda dalam tahun-tahun sebelumnya dalam menentukan 1 Ramadan dan Idul Fitri. Ia mengharapkan hal seperti ini terus berlangsung ke depan karena dapat menjadikan umat Islam semakin kuat.

“Dalam Al-Quran Surat Ali Imran ayat 103, Allah menyuruh umat Islam untuk menjalin persatuan dan dilarang bercerai-berai atau berselisih. Kenapa Allah menyuruh begitu? Karena persatuan akan menjadikan kita lebih kuat. Selama ini karena factor popularitas kita berselisih walaupun tahu itu diharamkan. Semoga persatuan seperti ini terus berlanjut dan diikuti oleh ormas-ormas Islam lainnya,” harap  Karim Syech.

Selanjutnya Tim Safari Ramadan Pemko Banda Aceh akan mengunjungi masjid-masjid lainnya di Kota Banda Aceh. Total keseluruhan ada sepuluh masjid yang akan dikunjungi dengan menyertakan penceramah dan juga penyerahkan bantuan kemakmuran masjid.

Berikut Jadwal Safari Ramadan Pemko Banda Aceh

Senin (3 Ramadan/ 29 Mei 2017), Masjid Agung Al-Makmur, Lampriet, dengan penceramah Tgk  A Karim Syekh

Rabu (5 Ramadan/ 31 Mei 2017), Masjid Baburrahmah, Lamteumen Timur, dengan penceramah Tgk Syukri Daud Pango

Jumat (7 Ramadan/ 2 Juni 2017), Masjid Baiturrahim Ulee Lheue, dengan penceramah Ustaz Husni Suardi

Senin (10 Ramadan/ 5 Juni 2017), Masjid Ar-Rahmah, Merduati, dengan penceramah Dr Fauzi Saleh

Rabu (12 Ramadan/ 7 Juni 2017), Masjid Babul Jannah, Neusu Aceh, dengan penceramah Ustaz Nurkhalis Mukhtar, Lc, MA

Jumat (14 Ramadan/ 9 Juni 2017), Masjid Jamik, Lueng Bata, dengan penceramah Dr M Yasir Yusuf MA

Selasa (18 Ramadan/ 13 Juni 2017), Masjid Agung Al-Ikhlas, Gampong Ilie, dengan penceramah Ust Masrul Aidi

Kamis (20 Ramadan/ 15 Juni 2017), Masjid As-Shadaqah, Lamlagang, dengan penceramah Tgk  Rusli Daud, S. Ag

Senin (24 Ramadan/ 19 Juni 2017), Masjid Al-Hidayah, Peurada, dengan penceramah Tgk  Samsul Bahri, M.Ag

Rabu (26 Ramadan/ 21 Juni 2017), Masjid Agung Baiturrahmah, Kuta Alam, dengan penceramah Ustaz Ahmad Rizal