Idul Adha, Turki Sumbang 300 Paket Kurban bagi Warga Banda Aceh

Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah mendatang, Pemerintah Turki melalui Turkish Red Crescent (Palang Merah Turki) akan menyumbangkan 300 paket daging kurban bagi warga Kota Banda Aceh.

Hal tersebut disampaikan oleh Head of Delegation of Turkish Red Crescent Abdullah Dogutan Donmez saat beraudiensi dengan Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin, Rabu (12/6/2019) di balai kota.

“Total kami akan menyumbang 100 ekor Lembu untuk masyarakat Aceh, dan 10 di antaranya dalam bentuk 300 paket daging kurban akan kami bagikan bagi warga Banda Aceh,” kata Abdullah yang datang bersama Ketua PMI Aceh T Alaidinsyah.

Di samping itu, pihaknya juga akan menggelar sejumlah program lain di Banda Aceh salah satunya renovasi kompleks pemakaman Turki di Gampong Bitai. “Kompleks makam Bitai merupakan situs terpenting bagi kami di Aceh karena di sana tempat peristirahatan terakhir nenek moyang kami,” katanya.

Ia pun berharap hubungan baik antara Aceh khususnya Banda Aceh dengan Turki yang telah terjalin sedari ratusan tahun yang lalu dapat terus berlanjut pada masa mendatang. “Komit juga komit untuk promosikan potensi Banda Aceh kepada masyarakat Turki,” katanya lagi.

Sementara Wakil Wali Kota Zainal Arifin mengucapkan terima kasih atas sumbangan daging kurban dari tersebut. “Tentu ini akan sangat membantu masyarakat kami yang kurang mampu. Atas nama warga kota, kami mengucapkan terima kasih.”

Menurutnya, Turki sudah begitu banyak membantu Aceh lewat beragam program khususnya pasca gempa bumi dan tsunami 2004. “Bahkan sejak masa Kerajaan Aceh, pasca tsunami, dan hingga kini uluran tangan dari masyarakat Turki tak pernah terhenti bagi Aceh,” ungkapnya.

Terkait dengan rencana renovasi Kompleks Pemakaman Turki di Bitai, pria yang akrab disapa Cek Zainal ini mengatakan Pemko Banda Aceh menyambut dengan tangan terbuka. “Kami siap membantu hal-hal yang diperlukan termasuk soal perizinan dan lain sebagainya,” katanya.