Cetak Kader Dakwah, DSI Banda Aceh Bidik Kalangan Pelajar

Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh (DSI) – Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh membidik kalangan pelajar di sekolah untuk menjadi kader dakwah.

Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh, Alizar Usman SAg MHum mengatakan, langkah ini dilakukan merupakan lanjutan dari kegiatan Training Lembaga Dakwah Sekolah (LDS) dan bertemu kembali dalam kegiatan Temu Kader Lembaga Dakwah Sekolah. Dalam kegiatan ini juga di isi dengan Ajang Lomba Kreativitas Dakwah Sekolah. Kegiatan ini berlangsung di Pantai Penyu Leupung, Aceh Besar Kamis (12/9/2019).

” Tujuan Kegiatan ini untuk membangun kreativitas dakwah remaja khususnya di sekolah,  sehingga dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah akan lebih menarik dan mudah diterima,” katanya.

Alizar mengungkapkan, calon kader dakwah yang berasal dari pelajar 10 SMP di Banda Aceh ini dipertemukan untuk mengikuti sejumlah lomba kreativitas dakwah. 60 pelajar SMP ini berasal dari SMP 1, SMP 2, SMP 3, SMP 4, SMP 5, SMP 6, SMP 7, SMP 11, SMP 12 dan SMP 14.

Alizar menyebutkan, kegiatan ini di awali dengan Ice Breaking dan Out Bond kemudian dilanjutkan breefing (pengarahan) tentang mekanisme lomba. Lomba kreativitas dakwah sekolah: Puitisasi, drama, syarhil, pidato dan praktek ibadah. Kepada para juara juga diberikan trophy dan hadiah menarik lainnya.

“Kami memandang perlu segera dirawat dan dibekali strategi khusus dalam dakwah agar corong dakwah ditingkatan remaja terbentuk,” pungkasnya

Out put atau hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah: Pertama, meningkatnya pengamalan Syariat Islam dikalangan remaja terutama di lingkungan sekolah; Kedua, lahirnya aktivitas dakwah dikalangan remaja dalam hal ini siswa sekolah tingkat menengah pertama; Dan ketiga, terwujudnya kehidupan beragama yang baik sebagaimana tuntunan Allah dan Rasul-Nya sehingga Syariat Islam dapat terwujud dalam setiap sendi-sendi kehidupan.