Wali Kota Banda Aceh Salurkan Dana Kemakmuran Masjid

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyalurkan bantuan dana pembinaan bagi 12 Masjid yang ada di sembilan kecamatan se-Banda Aceh di Pendopo wali kota pada Kamis, 6 Mei 2021.

Dana tersebut diserahkan langsung Aminullah kepada para BKM dengan nominal Rp 12 juta masing-masing beserta bantuan paket protokol kesehatan (prokes) dan paket Ramadhan.

Turut hadir mendampingi wali kota, Asisten I bidang Pemerintahan Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Faisal, Plt Kepala Baitul Mal Muzzakir Hanka, Kabid Bina Ibadah dan Muamalah Dinas Syariat Islam Zaki Mubarak, dan para Camat.

Dalam sambutannya, Aminullah mengatakan bantuan diserahkan rutin tiap tahunnya untuk kemakmuran Masjid.

“Memang seyogyanya ini kami serahkan pada saat safari ramadhan, namun situasi dan adanya tausiah MPU yang tidak membolehkan mengumpulkan orang banyak dalam masa pandemi. Namun tidak menunda lagi, maka kami mengundang para kepala BKM sekaligus di Pendopo hari ini,” ujarnya.

Wali kota juga mengatakan, pembagian ini juga sebagai peringatan hari jadi Kota Banda Aceh ke-816 yang jatuh pada 22 April lalu.

“Dengan tema “Banda Aceh Milik Kita” ini kita sama-sama menjaga penegakan syariat islam di Banda Aceh dan kebersihan lingkungan sekitar,” katanya.

Di samaping itu, Aminullah mengungkapkan adanya peningkatan angka Covid-19 di Banda Aceh tiap harinya rata-rata di atas 10 orang, ia pun berharap di pelaksanaan salat di masing-masing masjid untuk mengikuti protokol kesehatan.

“Kita khawatirkan dengan situasi sekarang ini, ke depan kita makin susah menangani covid yang makin melunjak,” harap Aminullah dihadapan para BKM.

Kabag Keistimewaan dan Isra Fahrul Razi, di tempat yang sama mengatakan kegiatan tersebut untuk mengoptimalkan peran dan fungsi Masjid.

Adapun 12 masjid yang kita pilih untuk diberikan bantuan adalah:

1. Masjid Baiturrahim Ulee Lheue

2. Masjid Subulussalam Punge Blang Cut

3. Masjid As Shadaqah Lamlagang

4. Masjid Taqwa Ateuk Pahlawan

5. Masjid Jamik Lueng Bata

6. Masjid Al Ikhlas Illie

7. Masjid Baitussalam Tibang

8. Masjid Al Furqan Beurawe

9. Masjid Taqwa Lhong Raya

10. Masjid Bani Salim Lampaseh Kota

11. Masjid An Nur Ie Masen Kayee Adang

12. Masjid Babul Jannah Neusu Aceh. (Riz)