Walikota Banda Aceh Tampil Sebagai Daiyah Hari Pertama Ramadhan

Walikota Banda Aceh Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal mengajak seluruh masyarakat kota Banda Aceh bersyukur karena tinggal di daerah yang menerapkan syariat Islam seperti Aceh, khususnya kota Banda Aceh

“Kita hidup di Negara Indonesia yang tidak menerapkan syariat, maka kita harus bersyukur karena Aceh khususnya di Kota Banda Aceh adanya penerapan syariat islam,” ujar walikota saat tampil sebagai daiyah kota Banda Aceh di Masjid Al-Makmur Banda Aceh, Kamis (18/06) pagi.

Pada kesempatan itu Illiza mengajak masyarakat dikota Banda Aceh agar memanfaatkan momentum Ramadhan  untuk memperbaiki hubungan dengan sesama manusia serta hubungan dengan Allah Swt.

Lebih lanjut Illiza mengungkapkan, Pertanggung jawaban dihadapan Allah bagi seorang pemimpin tidaklah mudah .
Sementara itu Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh, Mairul Hazami mengatakan ,Dakwah Ramadhan Da’iyah Kota Banda Aceh Tahun 2015 ini bertujuan memberi pemahaman tentang syariat Islam dan mengajak semua komponen masyarakat untuk berdakwah serta menyemarakkan syiar islam di Kota Banda Aceh.

Menurut Mairul, Kegiatan Dakwah Ramadhan Da’iyah Kota Banda Aceh tahun 2015 ini ada sedikit perubahan dalam teknis pelaksanaannya.

“Tahun 2015 ada sedikit perubahan dalam teknis pelaksanaan, dimana pada tahun 2014 yang lalu pelaksanaan kegiatan Dakwah Ramadhan Da’iyah dilaksanakan di masing-masing gampong, sedangkan pada tahun 2015 ini, kegiatan tersebut dilaksanakan pada 15 lokasi, dimana masing-masing lokasi menghadirkan peserta dari 6 Gampong,” ujar Mairul.

Sementara itu sebelumnya Kabid Pengembangan Syariat Islam dan Dayah Dinas Syariat Islam kota Banda Aceh Wirzaini Usman Mutiara menjelaskan, kegiatan yang berlangsung dari 18 Juni hingga 8 Juli 2015 itu melibatkan 18 daiyah kota Banda Aceh termasuk didalamnya Walikota Banda Aceh Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, yang juga akan menjadi da’iyah untuk berdakwah di masjid/meunasah dalam kota Banda Aceh selama bulan Ramadhan.

Adapun kegiatan Dakwah Ramadhan Da’iyah Kota Banda Aceh 2015 mengangkat tema “Perempuan Tiang Agama” ikut dihadiri Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal, selaku Daiyah, Wakil Walikota  Zainal Arifin, Sekda Bahagia,serta ratusan masyarakat yang umumnya kaum perempuan.