100 Orang Calon Wisudawan Tahfizul Qur’an Ikut Tes

Sebanyak 100 orang peserta yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti wisuda akbar Tahfizhul Qur’an kota Banda Aceh tahun 2015 mengikuti proses uji kelancaran hafalan, Minggu (01/11) di Aula Madani Balai kota Banda Aceh.

Pelaksanaan wisuda sendiri akan berlangsung pada Kamis, 5 November 2015 mendatang di lapangan Blang Padang Banda Aceh.

Kepala Dinas Syariat Islam kota Banda Aceh Mairul Hazami  mengatakan, syarat-syarat peserta yang akan diwisuda masing-masing, berusia maksimal 13 tahun bagi wisudawan ketegori hafalan 5 Juz, berusia maksimal 17 tahun untuk kategori 10 juz, berusia 20 tahun untuk kategori 20 juz, serta berusia maksimal 25 tahun untuk kategori hafalan 30 juz

Selanjutnya juga ada kategori umum yang tidak dibatasi usia. Syarat lainnya, berdomisili di Banda Aceh serta lancar hafalan.

Mairul menyebutkan jumlah pendaftar mencapai 100 orang yang terdiri dari kategori 5 juz sebanyak 26 orang, kategori 10 juz sebanyak 38 orang, kategori 20 juz sebanyak 5 orang dan kategori 30 juz sebanyak 31 orang.

“Bagi yang nantinya diumumkan lulus agar datang ke lokasi wisuda pada hari Kamis, 5 November, bagi laki-laki agar menggunakan jubah putih dan peci putih dan bagi perempuan menggunakan jubah/ gamis putih serta jilbab putih,”Ujar Mairul didampingi Kabid Pengembangan Syariah dan Dayah DSI Kota Banda Aceh Wirzaini Usman Al-Mutiarai.

Mairul menambahkan bagi peserta yang sudah mendaftar namun tidak hadir untuk mengikuti proses uji kelancaran maka dinyatakan gugur.

Adapun tim penguji masing-masing, ketua Ustadz Zulfikar, dan anggota masing-masing, Ustadz Azmi, Ustadz Fadhil M Nur dan Ustadz Muzakkir.

Sementara itu Ketua Tim Penguji Ustadz Zulfikar menyebutkan, materi yang diuji masing-masing kelancaran hafalan, kemudian bacaan beserta tajwidnya serta lagu atau irama, namun khusus untuk irama tidak begitu menentukan kelulusan.

Namun menurutnya, lulusan terbaik dengan indikator paling lancar dan paling bagus iramanya akan ditampilkan pada saat wisuda dan akan dites langsung oleh Ustadz Yusuf Mansur, Qori Youssed dari Los Angeles Amerika Serikat, Walikota Banda Aceh dan pengunjung yang hadir.

“Jadi pengujian ini sangat menentukan lulus atau tidaknya calon wisudawan, dan bagi yang belum terpilih pada tahun ini, masih terbuka peluang pada tahun depan,”ujar Ustadz Zulfikar.