Turki Buka Peluang Kerja Sama dengan Banda Aceh

Duta Besar Turki untuk Indonesia,  Zekeriya Akcam mengaku sangat senang bisa datang ke Aceh karena dalam sejarahnya Turki memiliki hubungan yang cukup dekat dengan Aceh.

“Karenanya, kerja sama antara Banda Aceh dan Turki tentu dapat lebih mudah diwujudkan,” kata Zekeriya  dalam pertemuan dengan Walikota Banda Aceh  Illiza Sa’aduddin Djamal.

Ia juga memandang perlu diadakan pertemuan lanjutan untuk membahas potensi kerja sama antara Banda Aceh dan Turki.

Ia pun meminta Pemko Banda Aceh untuk menyusun suatu proposal yang memuat lebih konkrit bidang-bidang yang berpotensi untuk dikerjasamakan. “Sehingga kami juga dapat menyiapkan formula atau lembaga yang tepat untuk membantu Banda Aceh nantinya,” pungkas Zekeriya.

Sementara itu dalam pertemuan singkat tersebut, Illiza dan Zekeriya berbicara tentang kemungkinan kerjasama Banda Aceh dan Turki di berbagai bidang, “Kita akan mulai dari sesuatu yang mudah dulu, yang bisa langsung di implementasikan hingga kepada kerjasama yang menyeluruh,” ujar Illiza kepada media usai pertemuan tersebut.

Illiza menjelaskan pembicaraan dirinya dengan Dubes Turki lebih mengarah kepada kerjasama di bidang air bersih, smart city, green city dan tentang bagaimana membangun penguatan hubungan emosional antar Turki dan Banda Aceh.

Illiza berharap, dengan kepemimpinan Erdogan yang dikenal sangat peduli, perhatian terhadap kaum Muslimin di dunia, dan juga dengan  hubungan syariat yang dimiliki Turki dan Banda Aceh akan memudahkan langkah membangun kerjasama.