TPQ Gampong Seutui Perkuat Kapasitas Pengajar

Pemerintahan Gampong Seutui Kecamatan Baiturrahman kota Banda Aceh menyelenggarakan pelatihan metode Iqra’ bagi ustadz/ustadzah Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Masjid Taqwa Gampong Seutui, Minggu (18/12).

Ketua panitia Pelatihan, Saudi menyebutkan, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pengajar di TPQ Taqwa Seutui. “Kegiatan ini sudah lama kita rencanakan dan dibiayai oleh gampong,”ujarnya.

Sementara itu Pj. Keuchik gampong Seutui, Zulhendrian Putra saat membuka kegiatan berharap agar ilmu yang diperoleh dari pelathan itu dapat diaplikasi dalam proses belajar mengajar di TPQ gampong tersebut.

Ia juga berharap agar kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas tenaga pengajar TPQ bisa digelar secara rutin. “Saya berharap agar pengurus TPQ aktif melakukan kegiatan seperti ini, silahkan usulkan kepada gampong, nanti akan dialokasikan anggarannya,”ujarnya.

Ia berharap TPQ Taqwa Seutui kedepan bisa lebih berkembang dan menghasilkan generasi yang mampu membaca Alquran dan mengaplikasikan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

“Kedepan selain peningkatan kapasitas dalam mengajar, juga hars dikembangkan kegaitan seperti perlombaan antar santri, tahfidz alquran, dan kegiatan lain,”tambahnya.

Sementara itu Narasumber pelatihan, Ustadz Husni Suardi dalam materinya mengingatkan agar setiap ustadz/ustadzah TPQ harus menjadi idola bagi santri-santriwati, sehingga mereka semangat untuk pergi mengaji.

“Jadi tenaga pengajar kita harus berupaya tampil yang terbaik dan menjadi guru-guru yang dirindukan oleh murid-muridnya,”ujarnya.

Pada kesempatan itu Ustadz Husni menyampaikan tiga materi, masing-masing, metode iqra’, manajemen pengelolaan kelas dan materi Bermain, cerita menyanyi (BCM).