Disdik Dayah Banda Aceh Lakukan Pemutakhiran Data

Banda Aceh – Dalam rangka penguatan kelembagaan dan tata kelola Dayah di wilayah Banda Aceh, Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh melakukan program pemutakhiran data Dayah, Balai Pengajian dan Majelis Taklim.

“Program pemutakhiran data ini kita lakukan dalam rangka penyusunan buku profil serta bagian dari strategi Disdik Dayah Kota Banda Aceh dalam mengusulkan Program kerja kedepan,” ujar Kabid Pembinaan SDM dan Manajemen Disdik Dayah Kota Banda Aceh, Muhammad Syarif, Kamis (27/4/2017) saat turun ke sejumlah Dayah.

Katanya, sebagaimana dipahami bersama bahwa pasca terbentuknya Disdik Dayah di Banda Aceh Desember 2016 lalu, Disdik Dayah dibawah nahkoda Zahrol Fajri S Ag MH terus melakukan berbagai gebrakan guna penguatan kelembagaan, tatalaksana dan peningkatan kualitas santri.

Syarif menyebutkan sejak Disdik Dayah Banda Aceh dibentuk sudah memfasilitasi 13 Santri dan Guru Dayah mengikuti berbagai pelatihan, diantaranya Pelatihan Ilmu Falak, Pemberdayaan Ekonomi Dayah, Tata Kelola Aset Dayah, Tata Kelola Administrasi Dayah.

Lebih lanjut, Syarif mengatakan upaya kearah pembinaan capacity

building dan pengembangan Dayah akan terus ditingkatkan.

“Untuk tahap awal, kita telah melakukan rapat koordinasi pimpinan dayah yang dilanjutkan dengan pembentukan Forum Komunikasi Pimpinan Dayah,” ungkap Syarif.

Disamping, kata Syarif, kedepan semua Dayah di Banda Aceh memiliki database online. Dan langkah kearah itu sudah disiapkan masterplannya oleh Disdik Dayah Kota.