Rangkuman Tausiah Ustadzah Mukhlisah,S.AG dalam Kegiatan Safari Dakwah Da’iah 25/06/2021

Da’iah Perkotaan yang menjadi narasumber pada kegiatan Safari Dakwah Da’iah di Meunasah Lamjamee Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh, Jum’at (25/06/2021) adalah Ustadzah Mukhlisah,S.Ag.
Berikut rangkuman tausiah beliau.

Hadist ” amal tanpa ilmu akan tertolak” apabila amal tidak disertai dengan ilmu, amalan kita bisa jadi tidak sah karena mungkin kita melakukan hal yang tidak sesuai dengan syariat Allah. Misalnya tidak mengetahui beda najis, bisa jadi beresiko pada sah atau tidaknya shalat yang dilakukan. Sayang amal sudah lelah dilakukan, tapi karena tidak tahu ilmu melakukannya amalan menjadi sia-sia.

Banyak saat ini orang yang beramal sesuka hati tanpa disertai dengan ilmu. Misalnya solat sesuka hati. Padahal apabila dalam hati sudah ada rasa takut kepada Allah, hati kita akan takut bila beramal yang tidak sesuai dengan hukum Allah.
Menumbuhkan rasa takut kepada Allah ini penting ditanamkan saat mendidik anak. Jangan mendidik anak untuk beribadah dengan iming-iming duniawi(misalnya untuk kaya), tapi tekankan ibadah itu dilakukan untuk Allah.

Memahami ilmu agama itu penting agar kita beramal dengan baik dan benar. Misalnya saat berumah tangga, harus diawali dengan ilmu pengetahuan agama. Suami dan istri yang paham ilmu agama akan mengerti mana hak dan kewajiban yang ada dalam rumah tangga.
Banyak juga orang yang tanpa sengaja menjadi kufur karena mengucapkan kalimat yang bersifat menyekutukan Allah (syirik). Misalnya mensifati Allah dengan sifat manusia. Makanya penting belajar 20 sifat Allah.

Taat kepada manusia pun harus atas dasar taat kepada Allah.
Kita dihisab di Yaumil hisab atas tiga perkara;
1.Umur yang telah di lalui, untuk apa umur kita dihabiskan. Kecuali pada orang gila atau anak bayi.
2. harta. Dari mana kita dapatkan harta itu, dan kemana harta itu diberikan.
3. ilmu yang kita dapatkan, apakah kita berikan ilmu itu kepada orang lain atau tidak. []