Kesimpulan Safari Daiyah, 17 Juni 2022 Jumat di masjid Bani Salim Lampaseh

Penceramah: Ustazah Khamisah
Tema: Sabar itu indah

‌Ingat kalau tidak ada sabar yang menghasilkan penderitaan terus menerus, karena akhirnya pasti indah
‌Tugas terbesar dari syaithan adalah membuat manusia itu menyerah dalam sabarnya.
‌Teladan dari Kisah nabi Ayyub;
-diberi ujian oleh Allah anaknya semua meninggal satu waktu
– diberi sakit keras
-harta habis semua
Namun nabi Ayyub tetap sabar dan beribadah taat kepada Allah, pada akhirnya Allah berikan keturunan yang lebih banyak dari yang sudah meninggal, dan rezeki yang berlipat ganda.

‌ Sabar membantu kita untuk dapat berlapang dada dalam menemui kesulitan dan membuat hati lebih tenang.
‌Sabar harus dilatih, apalagi jika hendak berangkat haji. Latih dari sebelum berangkat untuk bersabar (misalnya sabar menunggu antrian, dll), dengan melatih sabar ini, ibadah haji pun bisa lebih tentram dan nyaman dijalani.

‌Jika seorang hamba Allah sabar dan tidak berprasangka buruk kepada orang lain, maka dosa dari hamba Allah itu akan diampuni oleh Allah (misalnya saat bertamu ke rumah orang dan org yg didatangi tidak kunjung membuka pintu, jika ia tidak berprasangka buruk, mengomel, dan sabar maka dosanya akan diampuni oleh Allah).

‌Selalu berprasangka baik dan melihat sisi lain dari kejadian yang menimpa kita.
‌Ketika kita belum rejeki atau dipanggil Allah ke baitullah, tetap sabar dan persiapkan diri untuk ke baitullah. Tidak hanya materi, latih diri untuk sabar dan berdoa kepada Allah. Kita tidak tahu dari jalan apa Allah memberi kita rezeki untuk berangkat ke baitullah.
‌termasuk dalam menuntut ilmu, harus sabar dan tidak bisa mengharap hasil instan. Sabar dalam kepahitan menuntut ilmu akan dibalas pahala yang besar oleh Allah.[]