615 Pekerja Kebersihan Terima Zakat Dari Baitul Mal Kota Banda Aceh

Banda Aceh – Sebanyak 615 pekerja kebersihan dari Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DKKK) dan Dinas Pekerjaan Umum Kota Banda Aceh menerima zakat dari Baitul Mal Kota Banda Aceh. Zakat senif (golongan) miskin ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Walikota  Banda Aceh, Drs H Zainal Arifin, Selasa (7/7/2015) di kantor DKKK, Jalan Pocut Baren, Banda Aceh.

Usai menyerahkan zakat ini, Zainal Arifin menyampaikan apresiasinya kepada Baitul Mal Kota Banda Aceh yang telah menyalurkan zakatnya untuk pahlawan kebersihan tersebut.

Kata Wakil Walikota yang akrab disapa Keucik Zainal ini, Banda Aceh saat ini dikenal bersih dan nyaman. Hal ini terbukti dengan penghargaan Adipura yang diraih Banda Aceh sejak tahun 2009 hingga tahun 2014.

“Prestasi ini tidak terlepas dari kerja keras petugas kebersihan setiap harinya. Aprsiasi layak kita berikan kepada mereka,” ujar Keuchik Zainal.

Katanya, jasa para pekerja kebersihan ini tidak dapat diukur dengan materi, namun seiring meningkatnya penerimaan zakat yang dikumpulkan Baitul Mal, maka Pemko Banda Aceh dapat berbagi dengan 615 petugas kebersihan tersebut.

“Meski angkanya tidak terlalu besar, zakat ini kita harap dapat membantu kebutuhan sehri-hari terutama dalam memenuhi kebutuhan di bulan Ramadhan dan kebutuhan jelang Hari Raya,” harap Wakil Walikota.

Sesuai data dari Baitul Mal, setiap pekerja diberikan sama jumlahnya, yakni sebesar Rp. 600.000.

“Untuk pasukan orange dari DKKK kita berikan 563 orang, dan 52 orang untuk pasukan sedimen dari Dinas PU,” ungkap Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh, Safwani Zainun, S.Pd.I.

Jumlah total zakat yang diserahkan untuk 615 pekerja kebersihan ini mencapai Rp. 369.000.000.
“Zakat ini merupakan zakat yang kita kumpulkan di tahun 2015 ini, Alhamdulillah jumlah zakat yang terkumpul tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya,” tambah Safwani