Keuchik Zainal : Kualitas Keluarga Sebagai Pondasi Kota Madani

Wakil walikota Banda Aceh Drs H Zainal Arifin menyebutkan, Pemerintah Kota Banda Aceh memiliki visi menjadikan Banda Aceh sebagai Model Kota Madani sangat menyadari bahwa kualitas keluarga, sebagai kelompok terkecil dalam masyarakat, merupakan pondasi bagi keberhasilan pembangunan secara umum.

Hal demikian disampaikan pada Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXII tingkat Provinsi Aceh Tahun 2015 dipusatkan di Kota Banda Aceh, tepatnya di halaman Balai Kota Banda Aceh, Selasa (1/9/2015).

Menurutnya, keluarga yang sejahtera akan mempercepat perwujudan kota yang Madani, yaitu konsep pembangunan kota cerdas yang modern dan berperadaban tinggi yang tercermin dari masyarakatnya yang memiliki jati diri yang ramah, taat aturan, damai, sejahtera, harga diri tinggi, berbudaya, dan beradab.

“Dari keluarga yang berkualitas tersebut akan lahir anak-anak yang cerdas dan kritis serta kreatif yang tentunya akan menjadi tumpuan bagi pembangunan dan peningkatan harga diri bangsa dan negara,” katanya lagi.

Pria yang akrab disapa Keuchik Zainal ini menambahkan, pembangunan keluarga yang berkualitas dipengaruhi pula oleh kualitas akhlak dan moral anggota keluarga, “Untuk itu berbagai program penguatan moral khususnya yang berbasis islami juga menjadi bagian dari upaya peningkatan kualitas keluarga di Kota Banda Aceh.”lanjutnya lagi.

Pembangunan di bidang ekonomi yang dapat meningkatkan kualitas kesejahteraan keluarga, juga menjadi perhatian Pemko Banda Aceh.

“Sebagai hasilnya, kualitas kesehatan ibu dan anak yang terus meningkat, kualitas pendidikan yang tinggi, serta ketersediaan berbagai akses dan aktivitas bagi anggota keluarga yang merupakan bagian dari indikator keluarga sejahtera dapat terpenuhi dan tercukupi di kota Banda Aceh,” pungkasnya.