MANTAN KABID DISDIKDAYAH ISI TAUSIAH DI MUSHALLA DSI KOTA

Mengawali Kultum Ba’da Ashar. Kamis (12/8/2021) di Mushalla Al-Bayan DSI Kota, Irwanda,S.Ag selaku penceramah mulai membacakan sebuah Surah At-Takatsur (Bermegah-Megahan).

اَلۡهٰٮكُمُ التَّكَاثُرُۙ‏
(Bermegah-megahan telah melalaikan kamu)

Kabid Dakwah Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh tersebut mulai menjabarkan bahwa setiap manusia sangat senang mencari kesenang-senangan, kemegah-mengahan dalam menuruti hawa nafsu.

“Dalam surah ini Allah SWT menceritakan tentang tabiat manusia yang cinta akan harta, tahta, jabatan. Apakah itu emas, uang, anak, istri dan seterusnya”Terang Irwanda

Oleh karena itu, Islam tidak melarang hambanya dalam mencari harta karna itu merupakan tabiat dari manusia, begitu juga cinta terhadap wanita maupun anak, karna itu hal manusiawi.

“Tapi semua itu ada etika dan adabnya. Bukankah tujuan diciptakan manusia untuk beribadah kepada Allah SWT semata. Banyak orang yang telah meninggal ingin dibangkitkan kembali hanya untuk beribadah kepadaNYA”. Imbuh Mantan Kabid Disdik Dayah Kota Banda Aceh tersebut.

Irwanda menyimpulkan, bahwa banyak harta, banyak anak, jabatan tinggi merupakan cobaan yang akan diminta pertanggungjawaban di akhirat kelak, oleh karenannya Irwanda mengajak para jamaah memperbanyak ibadah, berzikir, bersedekah, shalat tepat waktu dan berbuat baik kepada sesama manusia. (AH)