SAFARI DAKWAH DAIYAH JUM’AT (5/11/2021) DI MASJID AL-ISLAHIYAH LAMBHUK

Dalam mewujudkan Visi dan Misi Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman SE Ak MM dan Wakil Walikota Banda Aceh Drs.H.Zainal Arifin. Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh kembali mengadakan acara Safari Dakwah Da’iyah Jumat, 5 November 2021 di Masjid Al-Islahiyah Lambhuk Banda Aceh.

Penceramah Ustadzah Ranian Dewi

Tema : Cinta Allah dan Rasul-nya

Allah itu pencemburu, maka dari itu Allah melarang manusia untuk bersekutu dengan selain Allah (syirik).
Dalam surah At Taubah ; 24
قُلۡ إِن كَانَ ءَابَآؤُكُمۡ وَأَبۡنَآؤُڪُمۡ وَإِخۡوَٲنُكُمۡ وَأَزۡوَٲجُكُمۡ وَعَشِيرَتُكُمۡ وَأَمۡوَٲلٌ ٱقۡتَرَفۡتُمُوهَا وَتِجَـٰرَةٌ۬ تَخۡشَوۡنَ كَسَادَهَا وَمَسَـٰكِنُ تَرۡضَوۡنَهَآ أَحَبَّ إِلَيۡڪُم مِّنَ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَجِهَادٍ۬ فِى سَبِيلِهِۦ فَتَرَبَّصُواْ حَتَّىٰ يَأۡتِىَ ٱللَّهُ بِأَمۡرِهِۦ‌ۗ وَٱللَّهُ لَا يَہۡدِى ٱلۡقَوۡمَ ٱلۡفَـٰسِقِينَ – ٢٤
Katakanlah: “Jika bapa-bapa , anak-anak , saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan RasulNya dan dari berjihad di jalan nya, Maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan NYA”. dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik. (At-Taubah 9: 24)

1. Cinta pada Allah
2. Cinta pada Rasul,
3. Jihad fi Sabilillah

Manusia memiliki :
1. Naluri/ Gharizah nauq : mencintai semua hal yang kita punya (harta,
2. Naluri beragama (tadayyun) : cinta pada Allah
3. Gharizah baqa : naluri untuk survive atau melindungi diri

Ada sebuah kisah tentang manusia yang mengalahkan rasa naluri mencintai manusia dengan cinta kepada Allah. (Kisah hanzalah yang meninggalkan istrinya yang baru dinikahinya demi jihad di perang Uhud ) , atau orang yang mengalahkan naluri survivenya demi menyelamatkan rasul dan agama Allah (para sahabat di perang Uhud, Bilal yang meskipun disiksa tetap beriman kepada Allah)
Bukti cinta Allah dan rasul: Bertaqwa, dan mengikuti syariat yang ditetapkan dalam Islam, sayangnya manusia banyak yang lebih takut dengan aturan manusia daripada aturan Allah
3 sifat manusia yang dapat merusak hati
-suka dipuji
-terlalu kenyang
-dekat dengan orang zalim.[]