Intisari Safari Dakwah Daiyah di Masjid Hasbunallah Emperom

Safari daiyah 5 Agustus

Penceramah : ustazah mukhlisah,

Masjid hasbunallah emperom

Tema : Perjuangan Rasulullah

Dalam Islam , dihitung penanggalannya berdasarkan tahun hijriah. Setiap bulannya dihitung dengan melihat pergerakan bulan. Dalam menentukan Berganti bulan dalam hijriah , dilihat oleh seorang laki2 yg adil dari hilal bulannya saat matahari tenggelam.

Sejarah hijrah

Saat itu Dakwah Rasulullah berganti dari sembunyi-sembunyi menjadi dakwah terang-terangan. Saat itu datang banyak orang dari suku yastrib (Madinah skrg) untuk mempelajari Islam dari Rasulullah. Rasulullah juga menyampaikan ke mereka, sampaikan ilmu yang didapat ke yastrib nantinya. Namun kafir Quraisy tidak tinggal diam dan malah menyiksa banyak orang yang beriman pada Allah dan rasul-Nya (Bilal bin Rabah, keluarga Yasir)

Sayangnya saat ini malah orang-orang dengan mudahnya tidak beriman lagi karena diberi sembako dan hal2 duniawi lainnya.

gelombang 1:

Rasulullah memerintahkan beberapa sahabat hijrah ke habsyah (Ethiopia skrg) untuk menyampaikan dakwah. Dakwahnya disambut dengan baik dan raja habasyah waktu itu yang pertama kali beriman dan Akhirnya diikuti oleh rakyatnya. Hikmahnya, saat itu banyak orang yang beriman meskipun tidak langsung bertemu dengan Rasulullah.

Gelombang 2 : hijrah ke Madinah

Karena makin banyaknya orang yastrib yang masuk Islam sejak datangnya utusan yastrib ke Makkah, maka Dipimpin langsung umar bin Khattab, saat itu seruan Umar adalah barangsiapa yang mau anaknya menjadi yatim., Maka ikuti Umar untuk hijrah ke Madinah. Sementara Rasul ,Abu bakar dan Ali bin Abi Thalib masih tinggal di Makkah karena Rasulullah tengah menunggu turunnya ayat untuk hijrah

Rasulullah hijrah bukan karena takut pada kafir Quraisy, namun hijrah atas perintah Allah. Seorang Nabi tidak mungkin pergi tanpa atas izin dari Allah. Bukti keberanian Rasul salah satunya terlihat saat Rasul ditawari harta, tahta asal meninggalkan dakwah, Rasulullah berkata “meskipun diletakkan rembulan dan matahari di tanganku, aku tidak akan meninggalkan dakwah ini hingga mati”. 

Saat itu kafir Quraisy sedang rapat menyusun rencana untuk membunuh Rasulullah. Iblis menyamar menjadi seorang laki2 yang memberikan ide untuk membunuh nabi Muhammad ke kafir Quraisy, caranya utus satu persatu perwakilan orang terkuat dari masing2 Bani untuk membunuh Rasulullah. Mereka akan mengepung rasul di rumahnya. Rasulullah pun menerima panggilan hijrah dan di temani abu bakar.

Keteladanan yang diambil dari cerita ini:

-Abu bakar sangat menjaga keamanan Rasulullah, hingga mengorbankan dirinya digigit ular untuk melindungi Nabi.

– Allah menjaga Rasulnya dengan menyembunyikan rasul dan abu bakar dari penglihatan ahli endus jejak terbaik dari kafir Quraisy

Makin banyak cobaan maka makin banyak pahala. Semua nikmat duniawi itu cepat sekali berlalu, hanya tersisa pahala dan amal yang menemani kita di Akhirat. Manusia juga harus bertanggung jawab, apakah ilmu nya diamalkan, apakah

Hijrah bukan sekadar berkata bahwa saya ingin berhijrah. Namun hijrah itu harus dengan ilmu.

Hijrah kita saat ini :

-melawan hawa nafsu

-berkorban harta dan tenaga untuk ilmu (berkorban harta pun harus dengan ilmu, kemana harta itu diberikan, apakah lembaganya amanah atau tidak).

Khusus untuk orang yang mengelola keuangan ummat (misalnya sedekah, sumbangan masjid, dll) , jangan ambil sepeserpun uang itu untuk pribadi.

Bahkan untuk membelanjakan uang itu untuk keperluan ummat, harus cari perbandingan dari 3 toko, pilih yang paling murah tapi kualitasnya bagus.[]