Pj Wali Kota Banda Aceh Jamu Kafilah FASI Usai Meraih Juara Umum Tingkat Provinsi Tahun 2022

Banda Aceh – Kota Banda Aceh berhasil meraih juara umum Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) tingkat Provinsi Aceh tahun 2022 yang digelar awal November lalu. Atas prestasi tersebut, Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq pun menjamu kafilah FASI di pendopo wali kota, Selasa, 7 Desember 2022 malam.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua II DPRK Banda Aceh sekaligus penasehat Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Banda Aceh Isnaini Husda, Ketua BKPRMI Banda Aceh Bukhari, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jalaluddin, Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Ridwan, Kadisdik Dayah Muhammad, dan sejumlah Kepala SKPK lainnya.

Acara dimulai dengan jamuan makan malam dan pemberian piagam serta hadiah (reward) berupa sepeda roda dua kepada 21 orang juara pertama FASI Aceh oleh Pj Wali Kota Bakri Siddiq, didampingi Wakil Ketua II DPRK Banda Aceh Isnaini Husda, dan jajaran lainnya.

Dalam sambutannya, Bakri Siddiq mengungkapkan kebahagiaannya bisa menjamu seluruh unsur kafilah FASI Banda Aceh di kediaman dinasnya. “Anak soleh ini merupakan salah satu tabungan kita di akhirat nanti. Saya yakin di FASI ini, karakter islami, karakter Aceh tentu dangat melekat pada mereka yaitu, takzim kepada guru, orang tua, dan para alim ulama,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, atas nama Pemerintah Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh kafilah FASI yang telah berhasil menjadi juara umum dan membawa nama harum Kota Banda Aceh pada ajang FASI tingkat provinsi tersebut.

“Kami dari Pemerintah Kota Banda Aceh tentunya sangat bangga atas prestasi dari anak-anak kami. Dan sebagai bentuk apresiasi kami, maka kepada kita memberikan penghargaan kepada anak-anak kami yang berhasil meraih juara,” ucapnya.

 

Pj wali kota pun turut menyemangati bagi anak-anak yang belum juara, agar hendaknya tidak berkecil hati dan menjadikan hal itu sebagai semangat untuk lebih giat belajar dan berlatih lagi. “Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada tim ofisial yang telah mendidik dan melatih sepenuh hati kafilah FASI Kota Banda Aceh.”

“Saya berpesan kepada anak-anak kami agar lebih giat lagi belajar dan meningkatkan hafalan Al-Quran. Pesan saya juga agar anak kami selalu takzim kepada guru, orang tua, dan juga alim ulama, serta menjaga sikap sopan dan santun dalam bergaul,” kata Bakri seraya berharap ke depannya anak-anak Banda Aceh dapat mengukir prestasi pada ajang FASI tingkat nasional.

Sementara itu, Ketua BKPRMI Banda Aceh Bukhari, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas sambutan mulia terhadap delegasi FASI Banda Aceh. “Alhamdulillah berkat perjuangan dan pengorbanan dari official dan anak-anak kita yang telah mengikuti FASI Aceh beberapa waktu lalu, kita bisa mempertahankan juara umum.”

Bukhari menyebutkan, dari 41 peserta yang mengikuti ajang anak saleh tersebut, 21 orang di antaranya mendapat juara I, sembilan orang juara II, empat orang juara III, satu orang juara harapan I, dan 6 orang santri dengan hasil tanpa juara.

Di tempat yang sama, Pimpinan DPRK yang juga penasehat BKPRMI Isnaini Husda, turut menyemangati para santri yang belum beruntung mendapatkan juara. “Juara FASI hanyalah juara yang dinilai oleh dewan juri, tetapi sebenarnya mereka adalah juara dalam catatan malaikat, juara dari orang tuanya yang berhasil mendidik anak berakhlak mulia dan anak yang saleh.”

“Ketika seorang manusia meninggal dunia, maka amalannya terputus kecuali tiga hal, yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mau mendoakannya,” ucap Isnaini mengutip salah satu hadis sahih.[hba]