Bakri Siddiq Serahkan 1.000 Al-Quran untuk Masjid-Masjid di Banda Aceh

Banda Aceh – Dalam rangka meningkatkan minat masyarakat untuk memahami nilai-nilai Islam dan upaya memakmurkan masjid, Pemko Banda Aceh merealisasikan program bantuan Al-Quran untuk sejumlah masjid di Banda Aceh.

Program ini ditandai dengan penyerahan 1.000 Al-Quran untuk 10 masjid yang ada di Banda Aceh. Penyerahan Al-Quran dilakukan secara simbolis oleh Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq di Masjid Baitul Mukminin, Gampong Lamteh, Rabu (7/12/2022).

Masjid-masjid yang mendapatkan Al-Quran tersebut adalah, Masjid Baitul Mukminin Lamteh, Masjid, Al ‘Ala Cot Masjid, Masjid Al-Furqan Beurawe, Masjid Subulussalam Punge Blang Cut, Masjid Syeikh Abdurrauf Blang Oi, Masjid Taqwa Lhong Raya, Masjid Iskandar Muda Peuniti, Masjid Syuhada lamgugop, Masjid Darul Makmur Lambaro Skep, dan Masjid Tgk Dianjong Peulanggahan.

 

Kata Bakri Siddiq, masing-masing masjid tersebut mendapatkan 100 Al-Quran.”Alhamdulillah, hari ini kita bisa serahkan bantuan Al-Quran untuk 10 masjid. Ini merupakan komitmen kita dalam upaya memakmurkan masjid,” kata Bakri Siddiq saat diwawancara awak media.

Lanjut Bakri, Pemko Banda Aceh terus berkomitmen untuk meningkatkan program keagamaan dalam rangka meningkatkan nilai-nilai syariat, salah-satunya dengan pengadaan Al-Quran agar generasi Banda Aceh semakin mencintai, memahami, dan mengimplementasikan kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Al-Quran adalah pedoman hidup bagi setiap muslim, sehingga perlu kita tingkatkan kualitas dalam membaca, memahami serta mengaplikasikannya,” kata Bakri.

Ke depan, lanjut Bakri program ini akan ditingkatkan, dimana juga ada pengadaan Al-Quran untuk masjid-masjid yang lain di seluruh Banda Aceh. “Ini kita fokus dulu untuk 10 masjid dulu sebagai contoh pelaksanaan syariat di gampong (desa). Ke depan program ini akan kita tingkatkan, akan kita serahkan juga untuk masjid-masjid yang lain secara bertahap.”

Tidak hanya bantuan Al-Quran, kata Bakri, Pemko Banda Aceh juga memberi perhatian untuk pembangunan fisik masjid dengan menganggarkan dana pembangunan. “Bahkan untuk tahun 2023 nanti, dana pengadaan mobil operasional wali kota kita alihkan untuk pembangunan masjid. Termasuk Masjid Baitul Mukminin ini, kita bantu juga pembangunannya nanti,” ungkap Bakri.

Sementara itu, Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh, Ustad Ridwan yang ikut mendampingi pj wali kota menambahkan, Pemko Banda Aceh juga akan menyerahkan bantuan serupa untuk lembaga tahfiz. Katanya, ada 500 Al-Quran yang akan diberikan untuk lima lembaga tahfiz yang ada di Banda Aceh. [hba]