Pj Wali Kota Serahkan Bonus Kafilah MTQ Banda Aceh

Banda Aceh – Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq menggelar jamuan makan malam dan silaturahmi dengan Kafilah MTQ Banda Aceh yang beberapa waktu lalu baru mengikuti ajang MTQ tingkat Provinsi Aceh IIIV di Kabupaten Bener Meriah. Senin, 12 Desember 2022 di pendopo.

Pada acara itu, Bakri Siddiq turut menyerahkan bonus senilai ratusan juta rupiah kepada 19 peraih juara MTQ Aceh, Senin, 12 Desember 2022. “Saya atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan terima kasih kepada seluruh kafilah yang telah memberikan yang terbaik pada MTQ Aceh lalu,” ujarnya.

“Prestasi ini adalah hasil kerja keras dan hasil latihan panjang yang menjadi kebanggaan tersendiri. Semoga apa yang sudah ananda torehkan bisa memberikan motivasi kepada masyarakat Kota Banda Aceh dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan isi kandungan Al-Quran,” ujarnya lagi.

Ia pun berpesan agar prestasi yang sudah diraih harus.bisa ditingkat lagi pada MTQ Aceh yang akan datang di Kabupaten Simeulue. “Kota Banda Aceh bertekad untuk meraih Juara Umum, dan nantinya utusan Kafilah MTQ Banda Aceh juga kita harapkan banyak yang lolos ke ajang MTQ tingkat nasional,” katanya.

Namun yang terpenting lagi, pj wali kota berharap para kafilah MTQ Banda Aceh bisa menjadi panutan masyarakat. “Saya juga berharap teman-teman semua, anak-anak kami, dan adik-adik kami, panitia, pelatih dan official bisa menjadi inspirasi dan teladan di lingkungan masing-masing,” ujar Bakri.

Sementara itu, Kepala Dinas Syariat Islam Banda Aceh Ridwan melaporkan bahwa pada MTQ ke-35 tingkat Provinsi Aceh di Bener Meriah, Banda Aceh berhasil meloloskan 19 finalis, dan seluruhnya sukses meraih predikat juara.

Ke-19 juara tersebut, yakni Juara I Tahfiz 30 Juz Putra, Juara II Tilawah Kanak-Kanak Putra, dan Juara III Tahfiz 20 Juz Putra, Tafsir Bahasa Arab Putra, Tafsir Bahasa Indonesia Putra, Fahmil Putra, Mujawwad Dewasa Putra, dan Tahfiz 1 Juz Putri putri.

Kemudian Juara Harapan I diraih dari cabang perlombaan Tartil Putra dan Fahmil Putri. Juara Harapan II Murattal Remaja Putri, Mujawwad Dewasa Putri, Khat Dekorasi Putri, Khat Dekorasi Putra, Mujawwad Remaja Putra. Selanjutnya Juara Harapan III Mujawwad Remaja Putri, Tahfiz 30 Juz Putri, dan Tafsir Bahasa Inggris Putra.

“Untuk peraih juara pertama kita berikan bonus berupa dana pembinaan Rp 45 juta, juara kedua Rp 30 juta, juara ketiga Rp 20 juta, juara harapan satu Rp 9 juta, juara harapan dua Rp 6 juta, dan juara harapan tiga masing-masing Rp 3 juta,” katanya.

Ia juga mengatakan, saat ini pihaknya telah mulai melaksanakan tahapan seleksi untuk ajang MTQ Aceh 2023 di Simeulue. “Pemusatan persiapan mulai Januari tahun depan hingga September. Kita fokus mengembangkan beberapa cabang lomba yang menjadi prioritas dengan sistem pelatihan orangtua asuh,” katanya.

Ridwan pun optimis prestasi Kafilah MTQ Banda Aceh masih dapat ditingkatkan. “Saya yakin dan percaya, dengan komitmen Pak Pj Wali Kota, dan juga dukungan anggaran yang sudah disiapkan untuk 2023, Banda Aceh bisa meraih juara umum MTQ Aceh lewat ‘tangan dingin’ Pj Wali Kota Bakri Siddiq,” ujarnya.

Berikut para anggota kafilah MTQ Banda Aceh yang sukses mengukir prestasi (juara 1, 2, 3) pada ajang MTQ tingkat Provinsi Aceh 2022 lalu di Bener Meriah:

  • Juara I Tahfiz 30 Juz Putra, M Syakki Dibran Pratama
  • Juara II Tilawah Kanak-Kanak Putra, Noval Quraysi Ambiya
  • Juara III Tahfiz 20 Juz Putra (Abdul Haris), Tafsir Bahasa Arab Putra (Misbahul Munawar), Tafsir Bahasa Indonesia Putra (M Ikram Abdul Aziz), Fahmil Putra (Nabil Rizki, Dayyan Rahmat Meutuah, Nabil Imtiyas), Mujawwad Dewasa Putra (Ikhsan), Tahfiz 1 Juz dan Tilawah Putri (Rahila Syakira). [hba]