USTADZ FAHMI SOFYAN ISI TAUSIAH SAFDA DI MASJID AL-ISHLAHIYAH LAMBHUK

Pemerintah Kota Banda Aceh yg memiliki Visi dan Misi Kota Banda Aceh yang Gemilang dalam Bingkai Syariah. Dibawah Kepemimpinan Bapak Walikota H.Aminullah Usman,SE, Ak.MM dan Wakilnya Bapak Drs. Zainal Arifin kembali mengadakan acara Safari Dakwah (SAFDA) setiap malam minggu di masjid-masjid dan meunasah dalam wilayah Kota Banda Aceh.

Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh yg menjadi leeding setor pelaksanaan mengadakan SAFDA, Sabtu (4/9/2021) di Masjid Al-Islahiyah Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh.

Dihadiri Kepala Dinas Syariat Islam Bapak Muhammad, S.Sos,MM. Kabid Dakwah Dinas Syariat Islam Kota Bapak Irwanda M.Jamil, S.Ag, para pegawai dilingkungan Dinas Syariat Islam, para Da’i Perkotaan  dan Muhtasib  Gampong  sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan program ini.

Ustadz Fahmi Sofyan,LC.,MA yang bertindak sebagai penceramah dalam kegiatan ba’da maghrib tersebut mengangkat tema tentang manusia yang selalu hidup dalam serba kesusahan.

لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ فِيْ كَبَدٍۗ
Artinya: “Sungguh, Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah.” (QS. Al-Balad : 4)

“Dalam masa hidupnya manusia menemui segala macam kesusahan. Allah SWT berikan manusia harta yang lebih, susah! Allah SWT berikan jabatan yang tinggi manusia juga susah! sampai manusia dibangkitkan di padang masyar juga susah!” Pungkas Ustadz Fahmi.

Da’i Perkotaan tersebut menerangkan agar manusia tidak menemui kesusahan di dunia dan akhirat maka manusia harus bertawakkal kepada Allah dengan 3 hal, yakni:
1. Mengingat Allah SWT dengan cara berzikir, beristiqfar, berdo’a,dsb.
2. Mensyukuri nikmat yang telah Allah SWT berikan.
3. Memperbaiki ibadah dan meninggalkan segala apa yang dilarang oleh Allah SWT.

Diakhir tausiah penceramah juga mengajak para jama’ah untuk selalu menjaga protokol kesehatan (memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan) dan juga melakukan vaksinasi sebagai salah satu cara meningkatkan imun bagi tubuh, disamping mengkosumsi makanan sehat, berolahraga dan juga untuk selalu meningkatkan ibadah kepada Allah SWT dan selalu berdoa kepadanNya.

Demikian ceramah Doktor lulusan salah satu Universitas bergengsi di Negara Sudan tersebut.(AH)