DAKWAH DA’IYAH 3/9/2021 DIGELAR DI GEDUNG SERBAGUNA ULEE-ULHE

Pemerintah Kota Banda Aceh yg memiliki Visi dan Misi Kota Banda Aceh yang Gemilang dalam Bingkai Syariah. Dibawah Kepemimpinan Bapak Walikota H.Aminullah Usman,SE, Ak.MM dan Wakilnya Bapak Drs. Zainal Arifin kembali mengadakan kegiatan Safari Dakwah Da’iyah, Jum’at (3/9/2021) di Gedung serbaguna Gampong Ulee-Lheu Banda Aceh.

Berikut kesimpulan isi tausiah Safari Dakwah Daiyah yang di sampaikan oleh Ustadzah Regina,S.Psi yang berjudul Orang yang tidak bersyukur dan kaitannya dengan kesehatan mental.

QS. Al-Adiyat : ayat 6. (kanuuud : orang-orang yang tidak mensyukuri nikmat)

Sewaktu isra mi’raj, penghuni surga kebanyakan org fakir, dan di neraka kebanyakan penghuninya adalah wanita. Kenapa? Salah satu alasannya adalah tidak mau mensyukuri nikmat dan tidak mengingat kebaikan suaminya.

Ciri-ciri mental yang sehat

-hidupnya bahagia

Ciri-ciri mental sakit

-mencela orang lain karena hidupnya tidak bahagia

Kebahagiaan itu harus kita ciptakan sendiri, juga kita harus menciptakan kebahagiaan itu di rumah. Untuk menciptakan kebahagiaan di rumah, kembalilah ke ajaran Islam. Mencintai keluarga pun tetap harus dalam tuntunan Syariat. Jangan membiarkan keluarga bermaksiat hanya karena sayang. Usia mengajarkan adab pada anak: 0-8 tahun.

Ada 2 potensi  manusia

-hajatun dawiyah ; kebutuhan jasmani

-Gharizah ; naluri. (Surat at Taubah 24) mencintai manusia bersumber dari 3 Bersumber dari;

Gharizah Nauq : melestarikan sesama manusia (rasa iba pada saudara, orang lain)

Baqa : mempertahankan diri

Tadayum : menjaga keyakinannya

Diakhir ceramah Ustadzah lulusan Psikologi kampus ternama di Aceh tersebut mengajak para ibu-ibu yang hadir agar senantiasa berdo’a kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala macam penyakit. menjaga kesehatan dengan menerapkan Prokes dan juga melakukan vaksinasi agar imun tubuh semakin kuat. (AH)