INTISARI SAFARI DAKWAH DAIYAH 13/05/2022

Penceramah: Ustazah Khamisah

Tema: Hikmah Silaturahmi – Meunasah Ateuk Jawo Baiturrahman. Banda Aceh

Tujuan silaturahmi, menunjukkan rasa kasih dan sayang pada orang lain, saling maaf memaafkan, dan memperkuat ikatan hubungan.
‌hadist siapa yg tidak menyayangi maka tidak akan disayangi
‌misalnya anak yang sering berkunjung ke orang tuanya pasti lebih sering diingat daripada yg jarang pulang.
‌tidak harus berkunjung secara langsung, dengan memanfaatkan teknologi untuk video call dan telepon pun sudah dapat dilakukan untuk menyambung silaturahmi, namun utamakan berkunjung secara langsung
‌Setelah idul Fitri hati harus bersih dan suci (qalbun Sabil)
‌Silaturahmi harus saling memberi semangat, jangan sampai mencari kekurangan satu sama lain
‌Buang semua hal negatif dalam diri, seperti dendam, marah, dan lain-lain, maafkan orang lain dan buang amarah dalam diri kita.
‌kisah : ada seorang pemuda yg Rasulullah tunjuk “dialah penghuni surga”, Umar bin Khattab pun menginap 3 hari untuk mengetahui apa amalan yg membuat nabi Muhammad mengatakan ia adalah penghuni surga. Ternyata pemuda itu sering berdoa mohon maaf atas kesalahannya serta memohonkan ampun bagi orang yg menyakitinya hari itu. Sehingga tidak ada dendam dalam hatinya.
‌hikmah cerita diatas, maafkan semua org yg menyakiti kita setiap hari, sehingga hati kita bersih dari dendam. Khusus Untuk masalah uang, tetap minta ia bayar ke kita dan bicarakan baik-baik dengan peminjam itu.[]